Kembali ke halaman beranda

Halaman


SEJARAH

    Sejarah Berdirinya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah membawa perubahan yang signifikan terhadap pembentukan perangkat daerah, yakni dengan prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran (rightsizing) berdasarkan beban kerja yang sesuai dengan kondisi nyata di masing-masing daerah. Hal ini sejalan dengan prinsip penataan organisasi perangkat daerah yang rasional, proporsional efektif dan efisien.

Sebagai tindak lanjut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 ini diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Dalam rangka mewujudkan pembentukan Perangkat Daerah yang sesuai dengan prinsip desain organisasi, pembentukan Perangkat Daerah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini didasarkan pada asas efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas, fleksibilitas,  urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah.

Peraturan Pemerintah ini mendasari terbentuknya Perda Kabupaten Lombok Timur Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Daerah. Salah satu unsur perangkat daerah yang terbentuk sesuai Perda ini adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lombok Timur.

Sesuai prinsip yang digunakan dalam pembentukan perangkat daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lombok Timur terbentuk dari penggabungan (marge) dua unsur perangkat daerah, yaitu Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) dan urusan penanaman modal pada Badan Lingkungan Hidup dan Penanaman Modal Kabupaten Lombok Timur.

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) dan Badan Lingkungan dan Hidup Penanaman Modal Kabupaten Lombok Timur sebagai cikal bakal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (PMPTSP) Kabupaten Lombok Timur terbentuk berdasarkan Perda Kabupaten Lombok Timur Nomor 4 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lombok Timur.

Bagaimana Menurut Pendapat Anda tentang Website ini?

Pilih
Hari
Jam Pelayanan
Senin - Kamis
07.30 - 17.00
Jumat
07.30 - 11.00

DPMPTSP Kabupaten Lombok Timur

Jl. Prof. M. Yamin, Selong, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat
Telp. (0376) 21532
Email: [email protected]

Statistik Pengunjung
  • Pengunjung (4.335 Kunjungan)
  • Hits (23.041 Kunjungan)
  • Hari Ini (3 Kunjungan)